Pengertia Apa itu Berita?

Pengertia Apa itu Berita?

Pengertian Apa itu Berita?

Apa itu berita? Itulah pertanyaan di jantung semua artikel yang telah Anda baca di koran dan majalah selama beberapa tahun terakhir.

Singkatnya, ini masalah pendapat. Ada jurnalis yang mendefinisikan berita sebagai bagian informasi yang dapat ditafsirkan dengan cara yang berbeda oleh orang yang berbeda. Para jurnalis itu akan mengatakan itu hanya masalah interpretasi.

Namun yang lain mengatakan berita adalah sesuatu yang ditulis sebagai opini, dan itu tidak lebih dari berita yang ditulis di koran. Memang benar bahwa banyak opini surat kabar adalah berita.

Poin lain yang sering hilang dalam kekisruhan adalah bahwa beberapa informasi adalah berita hanya jika dapat digunakan dengan benar untuk melayani suatu tujuan. Ini tidak dinyatakan secara salah karena memiliki beberapa nilai atau kejelasan. Anda mungkin berpikir editorial surat kabar adalah berita, tetapi jika Anda tahu alasan editor, dia mungkin mengatakan hal yang sama dengan Anda.

Dalam kedua kasus tersebut, opini surat kabar atau laporan di majalah bukanlah berita. Itu adalah opini, ini adalah persepsi, dan itu adalah tanggung jawab untuk salah tafsir seperti “berita” apa pun yang pernah Anda baca.

Jadi sekarang kita perlu bertanya pada diri sendiri, apa itu berita? Apakah ini benar-benar masalah pendapat? Atau lebih tepatnya soal fakta?

Kita tidak tahu bagaimana kita memasuki Perang Dingin, tetapi saya yakin Presiden Kennedy merasa kita telah melewati batas. Ada peringatan di sana, dan ada ancaman. Ada krisis, dan berita utama sangat besar.

Kami belajar bahwa peristiwa semacam itu

Kami belajar bahwa peristiwa semacam itu, walaupun membingungkan, tidak biasa. Radiasi misalnya, tampaknya telah muncul di mana-mana setelah dimulai, tetapi tidak jelas sampai kemudian bahwa itu di dalam air, dan karena itu ini juga berita. Data tentang Fukushima segera menjadi berita, dan itu tampaknya setidaknya sebesar berita tentang radiasi di sana.

Ada perbedaan yang sangat besar antara satu cerita yang dilaporkan pada Mei 1986 dan cerita yang telah dilaporkan di berita utama. Ketika sesuatu seperti itu terjadi, kita sebagai masyarakat cenderung ingin tahu, dan wartawan menulis. Namun apakah berita itu benar-benar fakta pertama, bagian yang ditunggu-tunggu semua orang?

Mengapa fakta bahwa kita telah diberitahu bahwa hasil akhir dari perang nuklir akan menjadi reaksi berantai besar, membuat berita kita menjadi berita? Kapan seseorang mulai mengatakan itu? Mengapa seorang penulis memutuskan untuk membuat asumsi bahwa itu adalah fakta, dan apakah penulis lain kemudian mengambil pernyataan itu dan muncul dengan berita?

Dan bahkan jika apa yang saya katakan di sini adalah fakta, mengapa orang harus memperhatikan apa itu berita? Jika informasi yang mereka dapatkan dari Berita TV memang berita, maka mereka menghabiskan uang untuk mendapatkan berita yang tidak akan berguna bagi mereka. Tentunya mereka yang tidak memiliki akses TV lebih senang mengetahui apa itu berita.

Memang, saya berharap artikel ini telah membantu menjawab pertanyaan: Apa itu berita? Ini adalah masalah pendapat, tetapi ini adalah masalah fakta, meskipun demikian.