Bertani Tanpa Membakar Lahan Gambut

Bertani Tanpa Membakar Lahan Gambut Bukanlah Hal Yang Mustahil

Meskipun kedengarannya seperti bertani tanpa membakar lahan gambut bukanlah hal yang mustahil, kenyataannya adalah hal itu dapat dilakukan. Lahan gambut alami yang kami sebut lahan gambut adalah area berawa tanaman dan tanaman hijau.

Tumbuhan Dan Pohon Ini Membentuk Ekosistem

Tumbuhan dan pohon ini membentuk ekosistem hidup dengan banyak spesies yang hidup di dalamnya, yang sepenuhnya bergantung pada hutan hujan. Tidak semua hutan hujan di dunia cocok untuk tujuan kita. Di wilayah kami, beberapa di antaranya.

Tetapi bahkan lahan gambut alami ini tidak terbakar secara teratur. Hanya saat hujan turun sangat deras. Di sana, dekomposisi bahan tanaman dan kotoran hewan menghasilkan gas dalam jumlah besar yang menyebabkan kebakaran gambut.

Bahkan Tanpa Membakar Secara Teratur

Bahkan tanpa membakar secara teratur, residu dalam jumlah besar dan area yang terbakar dapat ditemukan di tanah. Ini karena tanaman dan hewan menghancurkan dan membakar pertumbuhan berlebih di bagian atas lahan gambut. Di tempat-tempat seperti itu, kerusakan yang disebabkan oleh vegetasi dan pembakaran masih terlalu banyak untuk dihapus tanpa terbakar.

Dalam kasus lahan gambut yang bersih, kondisi cuaca membuat pembusukan dan pembakaran terjadi dengan sangat cepat. Dalam situasi ini, dekomposisi dapat dihentikan, pertumbuhan berlebih dapat dihilangkan dengan clearfelling dan semua bahan organik yang mati dapat dibakar untuk membekukan lumpur yang dihasilkan.

Abu Yang Dihasilkan Dari Proses Ini Sangat Berbahaya

Tetapi abu yang dihasilkan dari proses ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.
Untuk mengurangi jumlah pembakaran di lahan gambut, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah membersihkan rumput dan tumbuh-tumbuhan yang ada di gambut. Pada saat yang sama, penghapusan semak tebal yang tumbuh di bagian atas lahan basah harus dihindari.

Pengolahan Tanah Adalah Metode Yang Efektif Untuk Membuka Lahan Gambut

Pengolahan tanah adalah metode yang efektif untuk membuka lahan gambut. Namun, masalah alat berat yang digunakan untuk tujuan ini dapat diselesaikan dengan menggunakan teknik seperti persiapan lahan preventatif.

Ini berarti bahwa tanah yang telah terbentuk jauh ke dalam lapisan lahan basah harus dibersihkan. Mesin olah tanah dengan bantuan yang dapat dilepas dari tanah dapat diatur untuk tujuan ini.

Akar semak-semak dan pohon-pohon harus dihilangkan sehingga lapisan padat yang membentuk di atas lahan gambut dihilangkan. Maka residu yang tertinggal di dasar lahan basah harus dikurangi atau bahkan dibakar.

Jika semua pembakaran ini dihindari, ada sedikit atau tidak ada kebutuhan untuk membakar lahan gambut. Namun, masih ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membuka lahan gambut.

Metode Yang Harus Digunakan Untuk Pembersihan Residu Organik

Metode yang harus digunakan untuk pembersihan residu organik di gambut adalah dengan menggunakan kondisi tertentu. Penting untuk menghilangkan residu sebanyak mungkin, sehingga lapisan gambut halus dapat terbentuk. Dalam kondisi seperti itu, akan ada ruang yang cukup untuk pertumbuhan pohon dan tanaman, dan untuk pembusukan pertumbuhan berlebih.

Pembakaran dapat dihindari dengan menggunakan metode yang menggunakan panas, untuk menghilangkan komponen kimia. Ketika proses ini dilakukan dengan benar, akan ada pengurangan besar dalam tingkat pembakaran di lahan gambut.

Itu tadi berita tentang bagaimana Bertani Tanpa Membakar Lahan Gambut, semoga artikel yang kami buat ini dapat menjadi manfaat untuk para pembaca – pembaca kami semuanya. Semoga kami dapat terus konsisten membuat artikel – artikel untuk para pembaca kami.